3 Keunikan Suku Toraja Yang Menarik

shares |

Kebudayaan Tanah Toraja adalah salah satu dari banyaknya kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku bangsa yang mendiami dari bagian barat sampai timur.

Tiap suku bangsa di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri, keunikan tersebut membuat Indonesia menjadi negara wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, begitupun dengan keunikan yang dimiliki oleh Tanah Toraja sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia, Tana Toraja merupakan salah satu tempat yang memiliki budaya yang harus selalu dilestarikan.

Tidak hanya oleh mereka yang merupakan masyarakat Tana Toraja.

Namun, kita selaku warga Indonesia juga wajib untuk ikut serta melestarikan budaya Tanah Toraja yang merupakan warisan budaya Indonesia, kita juga harus menjaga peniggalan-peninggalan sejarah yang ada di indonesia.

Info lain tentang : Candi terbesar di indonesia

Berikut ini kebunraya.com mengulas beberapa keunikan yang terdapat di tana toraja yang juga harus anda ketahui, silahkan simak yang ada di bawah ini :

1. Ritual Pemakaman Pada Kebudayaan Tana Toraja
Ritual Pemakaman via google.com

Berbeda dengan kebudayaan di daerah Indonesia lainnya, proses pemakaman di kebudayaan Tana Toraja terbilang cukup rumit.

Di kebudayaan Tanah Toraja.

Upacara untuk pemakaman seseorang yang meninggal menjadi sebuah acara adat yang membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Upacara pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat dengan kebudayaan Tanah Toraja bisa menunjukkan status sosial seseorang, semakin kaya maka upacara pemakamannya juga akan semakin mewah dan besar.

Apabila keluarga yang ditinggalkan datang dari keluarga yang sederhana, maka mereka harus mengumpulkan uang terlebih dahulu supaya bisa mengadakan Upacara pemakaman penyembelihan kerbau maupu babi dan juga untuk melakukan atau mengadakan upacara pemakaman.

2. Kebudayaan Tana Toraja - Strata Sosial Dalam Masyarakat Toraja
Budaya tanah toraja via facebook.com

Hubungan keluarga masyarakat di Tana Toraja bertalian dekat dengan kelas sosial strata, kelas sosial masih terlihat jelas pada kebudayaan Tana Toraja.

Kelas sosial diturunkan melalui ibu, adapun berapa kelas sosial yang dikenal dalam kebudayaan Tana Toraja yaitu bangsawan, orang biasa dan Budha.

Hal tersebut menyatakan budak sudah dihapuskan sejak zaman penjajahan Belanda walaupun sekarang masih ada sebagian masyarakat yang menjadi budak kelas bangsawan akan mendapatkan penghormatan di kebudayaan Tanah Toraja ini.

Bangsawan sangat menjaga predikat kebangsawanannya, hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya sikap merendahkan terhadap orang biasa, karena alasan status keluarga.

Kaum bangsawan harus mengadakan ritual pemakaman dan jenazah bangsawan dengan meletakkannya di lok khusus.

3. Kebudayaan Tana Toraja - Rumah Adat
Rumah adat tanah toraja via google.com

Suku Toraja mempunyai rumah tradisional yang khas, rumah tradisional tersebut disebut dengan rumah Tongkonan yang berasal dari bahasa Toraja.

Tongkonan yang berarti duduk rumah tersebut adalah pusat pemerintahan kekuasaan adat dan perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat dalam kebudayaan Tana Toraja.

Pada kebudayaan Tana Toraja terdapat tiga jenis rumah Tongkonan, yang pertama yaitu Tongkonan layuk yang merupakan lokasi kekuasaan paling tertinggi yang digunakan untuk pusat pemerintahan, kedua Tongkonan Pegambiran yaitu milik anggota keluarga yang mempunyai wewenang eksklusif dalam adat dan tradisi local, dan yang ketiga Tongkonan batu spesifik anggota keluarga biasa yang menempatinya. 

Demikianlah 3 Keunikan Dari Suku Toraja Yang Sangat Menarik untuk anda ketahui, Semoga pa yang telah saya sampaikan di atas tersebut dapat menambah wawasan anda serta ilmu pengetahuan anda.

Jangan lupa juga untuk membagiakan informasi yang sangat unik ini ke media sosial juga ya, terima kasih.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment