Sederet Manfaat Susu Nabati untuk Tubuh yang Belum Kamu Ketahui Guys!

Sederet Manfaat Susu Nabati untuk Tubuh yang Belum Kamu Ketahui Guys!


Santan Kelapa via www.wom.my

Di negara tropis seperti Indonesia, gampang banget dapetin buah-buah segar dan alami. Sumber daya dari alam melimpah ruah dan sering kita ambil dari lingkungan sekitar kita. Kelapa contohnya, tumbuhan yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia ini memiliki banyak kelebihan. Mulai dari pohonnya sampai buahnya dapat dimanfaatin untuk berbagai hal.

Buah kelapa memiliki banyak kegunaan ketika masih muda maupun sudah tua. Ketika masih muda, buah kelapa dapat dijadikan berbagai olahan makanan maupun minuman yang enak dan segar. Sedangkan buah kelapa tua, dagingnya dapat kita ambil dan kita jadikan santan. Santan, atau di negara-negara selain Indonesia sering disebut sebagai susu kelapa (coconut milk) memiliki banyak keuntungan bagi tubuh kita.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Santan memiliki kandungan lemak bernama lauric acid dan lemak ini merupakan lemak jenuh. Kandungan lauric acid dalam santan sebesar 50%, yang memiliki kemampuan antibacterial dan antiviral. Menurut beberapa sumber, santan dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan mencegah serangan jantung dan stroke.

2. Membentuk Otot
Sebuah studi menjelaskan bahwa di dalam santan terdapat kandungan bernama Medium-Chain Triglycerida (MCT) yang mampu meningkatkan pembakaran energi dan membantu meningkatkan kinerja tubuh. Dengan tubuh yang lebih enerjik, maka ototpun membutuhkan asupan nutrisi yang cukup banyak, oleh karena itu santan yang memiliki kandungan elektrolit yaitu magnesium dan potassium maka santan dapat membantu menguatkan otot. Tapi buat yang lagi diet, jangan minum santan terus, harus tetep olahraga ya!

3. Mencegah Kelelahan
Sudah banyak diketahui bahwa air kelapa merupakan sumber elektrolit yang tinggi, namun santan pun ternyata memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga peredaran darah agar stabil, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah dehidrasi juga diare. Kandungan MCT yang ada dalam santan juga dapat dengan mudah digunakan oleh otak sebagai sumber energi, tanpa harus melalui proses pencernaan yang rumit.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan
Berdasarkan studi dari School of Dietetics and Human Nutrition McGill University, dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan MCT tinggi dapat membantu membakar lemak karena MCT dapat membantu meningkatkan pembakaran energi dalam tubuh serta pembakaran lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Walaupun baik untuk membantu pembakaran lemak dalam tubuh, jumlah konsumsi santan pun perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak. Selain itu, santan juga menyegarkan tubuh dan membantu organ pencernaan seperti misalnya hati dan ginjal untuk dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

5. Membantu Sembelit
Saluran pencernaan dalam tubuh yang terjaga cairannya dapat membantu mencegah sembelit, oleh karena itu saluran pencernaan membutuhkan elektrolit dan lemak baik yang terdapat dalam santan.

6. Mengatur Gula Dalam Darah dan Mengontrol Diabetes

Susu Kelapa Kental via www.infolited.com

Lemak dalam santan dapat membantu memperlambat dan mengurangi jumlah penyebaran gula dalam saluran peredaran darah, hal ini dapat membantu mencegah “sugar high” atau kebanyakan gula sehingga membuat tubuh kita bereaksi tidak normal (reaksi berbeda-beda tergantung tiap orang)

7. Membantu Mencegah Anemia
Walaupun kandungan zat besi dalam santan tidak terlalu tinggi, namun dapat menjadi sumber zat besi nabati bagi tubuh yang nantinya akan membantu mencegah anemia.

8. Baik Untuk Kesehatan Rambut
Nah, kalau sebelumnya si santan selalu diolah dan dimasak kemudian dikonsumsi, yang satu ini sedikit berbeda. Jadi si santan ini dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mengurangi ketombe, caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan santan kental ini ke kepala kalian dengan rata hingga ke kulit kelapa kalian. Setelah itu diamkan selama 20 menit kemudian bilas. Santan akan membantu menyegarkan kulit kepala dan dapat mencegah kulit kepala menjadi kering.

9. Merawat Kesehatan Kulit
Mengkonsumsi atau menggunakan santan kelapa sebagai masker dapat membantu mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda. Santan memiliki kandungan mineral dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi dalam santan dapat memperlambat proses penuaan dan menjaga elastisitas kulit sehingga tetap kencang dan awet muda.

10. Bebas dari Susu Hewan
Tentu saja karena santan merupakan susu nabati yang terbuat dari perasan daging kelapa maka santan merupakan susu alami dari tumbuhan. Hal ini sangatlah penting bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu hewan pada umumnya. Selain orang-orang yang alergi dengan susu hewan, terdapat juga orang-orang yang alergi dengan susu dari kacang maupun susu dari kedelai sehingga santan dapat menjadi salah satu pilihan pengganti susu-susu yang tidak dapat mereka konsumsi.


Memilih Santan Kelapa via aliffchannel.com

Lalu bagaimana kita dapat memilih santan yang baik untuk kita konsumsi? Santan yang baik adalah santan segar yang tidak mengandung gula tambahan maupun pengawet, sebisa mungkin santan juga tidak mengalami proses pasteurisasi yang dapat menyebabkan nutrisi di dalamnya menjadi rusak.

Santan yang baru saja diperas lebih baik segera digunakan atau diolah agar kandungan nutrisi di dalamnya dapat tetap bertahan sehingga ketika dikonsumsi, kita dapat menikmati nutrisi-nutrisi tersebut. Tapi ingat, daya tahan santan segar tidak lebih dari 2 jam, untuk dapat memperpanjang daya tahannya sebaiknya segera masukkan ke lemari pendingin dan bekukan santan tersebut.
Apabila kita sedang berada di luar negeri yang susah untuk mendapatkan santan segar dan harus menggunakan santan kalengan, lebih baik perhatikan baik-baik komposisi serta proses bagaimana santan itu dikalengkan. Lebih baik memilih santan yang mengalami proses pengalengan dengan teknik “cold pressured” dimana santan hanya mengalami proses pemanasan dengan suhu tidak terlalu panas hanya untuk membunuh bakteri-bakteri namun tidak merusak kandungan vitamin, nutrisi, dan mineral di dalam santan.
Nah, setelah paham apa saja kelebihan santan dan mengerti bagaimana memilih santan yang baik, saatnya kita mengolah santan itu menjadi makanan yang lezat. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan santan sebagai dasar membuat sup maupun saus, sehingga santan memiliki kesan hanya untuk masakan gurih bagi orang Indonesia. Namun santan di luar negeri sering digunakan untuk membuat dessert alias makanan yang manis-manis seperti misalnya pannacotta.

Coconut Milk Pannacotta Via: http://www.savorylotus.com


Lain halnya bagi para penikmat minuman, santan juga sering digunakan sebagai pembuat rasa gurih dan sensasi segar seperti yang kita rasakan ketika kita meminum es cendol maupun kolak. Santan dapat digunakan sebagai pengganti susu hewan, oleh karena itu santan dapat pula dicampurkan ke dalam kopi.
Beberapa waktu yang lalu kita melihat trend minuman kopi dengan tambahan susu kedelai, nah tentunya santan pun dapat menjadi salah satu pilihan untuk dapat ditambahkan dalam minuman kopi. Rasa yang dihasilkan tentunya akan lebih gurih dan creamy dibandingkan dengan susu kedelai.

Coffee Latte using Coconut Milk via: http://thingsimadethenate.blogspot.co.id/

Jadi, kalian mau coba nikmatin santan dengan cara yang bagaimana? Yang pasti, jangan mengkonsumsi berlebihan dan tetap diimbangi dengan nutrisi lainnya ya! Stay Healthy!!



Read more »
Antioksidan, Investasi Kesehatan Untuk Masa Depan Kamu

Antioksidan, Investasi Kesehatan Untuk Masa Depan Kamu

Berhati-hatilah bagi kamu yang sering terkena stres atau tekanan seperti gelisah, marah, dan kesal. Ini merupakan pemicu radikal bebas secara internal. Untuk mengantisipasinya, mungkin kamu bisa berlibur untuk mencari kesenangan dan melakukan berbagai pencegahan lain.

Untuk membantu melindungi tubuh kamu dari efek buruk radikal bebas, tubuh kamu membutuhkan bahan makanan yang mengandung antioksidan. Ketika antioksidan bereaksi dengan radikal bebas, mereka akan saling berikatan dan bersatu. Selanjutnya akan terbentuk radikal bebas baru yang lebih lemah dan tidak berbahaya.

Karena tubuh kamu tidak secara alami dapat memproduksi antioksidan sesuai kebutuhan sehingga perlu bagi kamu mengonsumsi cukup makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, apa saja sih makanan yang mengandung antioksidan? Yuk intip beberapa bocorannya di bawah ini:

1. Kurma
Kamu pasti tau dong sama buah yang hampir selalu menemani ketika berbuka puasa ini? Rasanya manis dan bentuknya bulat atau bahkan lonjong. Kurma memiliki warna yang kecoklatan sampai kehitaman.
Meskipun kecil, buah ini ternyata mengandung banyak nutrisi loh. Jajaran nutrisi yang ada di dalam sebuah kurma: kalium, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium, magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga, mangan, selulosa, dan karbohidrat. Memang deh buah ini kecil-kecil cabe rawit ya!

Kandungan vitamin C pada kurma ini nih yang berperan sebagai antioksidan. Buah kecil ini mengandung antioksidan yang bersifat anti-hemoragik, anti-infeksi, dan anti-inflamasi.
Selain itu, kurma juga mengandung vitamin A yang bagus banget buat kesehatan mata kamu. Di samping itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat lho! Pas deh buat kamu yang takut cepat kerutan. Konsumsi buah yang kaya akan vitamin A ini juga dapat membantu melindungi kamu dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
Eits, buat kamu yang berprasangka jelek karena kurma ini manis jadi takut gendut lah, takut diabetes lah, nggak usah cemas guys. Buah kan mengandung gula alami, jadi nggak akan bikin kamu mengalami kegemukan dan diabetes.

2. Kismis

Kismis pada dasarnya adalah buah anggur (hijau atau hitam) yang kemudian dikeringkan. Jadi, jangan heran akan kandungan antioksidan pada kismis karena bahan dasarnya adalah anggur yang sudah mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kamu bisa menemukan kismis pada roti yang biasa kamu konsumsi.

Salah satu dari antioksidan pada kismis yang sangat berguna dalam pencegahan tumor dan kanker kolon serta menjaga kesehatan jantung adalah Catechin. Kandungan Phenolic Phytonutrients nya memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman dan antibiotik sehingga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Kismis juga mengandung senyawa antioksidan alami yang ternyata sangat ampuh untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi. Buat kamu yang nggak suka kismis dan suka membuang kismis yang ada pada roti yang biasa kamu makan, sebaiknya kebiasaan ini mulai sekarang ditinggalkan deh guys.

3. Strawberry
Siapa sih yang nggak suka dengan buah asam manis satu ini? Dengan warna merah dan aromanya yang segar. Kamu bisa mendapatkan buah ini dengan mudah di pasaran. Strawberi mengandung vitamin K, mangan, asam folat, potasium, riboflavin, vitamin B5, vitamin B6, magnesium dan omega 3. Oh, tentu saja mengandung zat antioksidan!
4. Jeruk

Biasanya jeruk dikonsumsi dalam bentuk minuman jus ataupun dimakan secara langsung. Rasanya yang asam manis dan warnanya yang terang ini sangat menggugah selera, apalagi jika dibuat minuman dingin dan dinikmati saat musim kemarau!
Jeruk  sangat kaya akan vitamin C yang ternyata baik untuk mencegah beberapa penyakit seperti pengeroposan tulang, batu ginjal, asma, dan anemia. Selain itu juga, ternyata buah ini bisa banget membantu kamu yang mau menurunkan kolesterol.
Tahukah kamu? Selain vitamin C yang melimpah ruah, dalam buah oranye ini juga terkandung protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, besi, vitamin A, serta vitamin B1 yang tentunya dalam takaran yang kecil. Nah, makanya kamu jangan malas-malas makan buah sehat dan segar ini ya.

5. Lemon

Kamu tahu kan yang mana namanya buah jeruk lemon? Itu lho yang bentuknya bulat kecil dan berwarna oranye. Rasanya asam dan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jadi kalau kamu nggak suka asam, bisa deh ditambah gula dalam jus kamu.
Buah lemon ini nih, berfungsi dalam menyembuhkan gangguan pencernaan. Jadi segala hal yang menyangkut organ pencernaan terutama usus kamu, kayak meningkatkan kinerja usus, bisa banget diatasi dengan rajin mengonsumsi jeruk lemon ini
Kalau kamu punya masalah sama lambung kamu , seperti mual dan kembung, buah ini disaranin banget deh buat kamu. Ketika hendak berpergian jauh dengan berkendara dan kamu tipe orang yang suka mabuk perjalanan, bisa deh buah ini dikonsumsi sebelum perjalanan sebagai pengganti obat antimabuk kamu itu.

6. Tomat

Bagi wanita, tomat mungkin sering kamu gunakan sebagai masker wajah untuk kecantikan kulit. Bahan pelengkap makanan juga iya. Dikonsumsi secara langsung juga oke. Tomat ini juga mudah ditemukan dan murah harganya.

Seperti juga cabai, tomat merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sejumlah mineral penting yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Buah merah ini juga mengandung sejumlah pigmen alami yang berupa karotenoid antara lain beta-karoten, likopen, lutein dan beta-cryptoxanthin.


7. Apel
Kamu pasti tau dan pernah makan buah yang satu ini. Apel, buah yang sangat mudah didapatkan di mana-mana dan beragam jenisnya. Tahukah kamu jika apel ini mengandung  flavonoid yang jumlahnya sangat tinggi. Nah, zat ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Jadi kalau kamu mau paru-paru kamu sehat maka banyak-banyak makan buah apel ya.

Apel juga mengandung  fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa memerangi kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik. Antioksidan pada buah apel ini dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah kamu. Ketika pembuluh darah kamu normal, jantung kamu pun akan normal juga. Jadi kalau mau jantung kamu tetap sehat dan berumur panjang, makan apel sangat disarankan.

Dewasa ini banyak ditemukan suplemen antioksidan yang dijual di pasaran. Namun, kamu tahu dong jika antioksidan dalam buah dan sayur tentunya lebih aman dan sehat. Bahkan, katanya suplemen ini bisa mendatangkan risiko jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain lho.

Kamu percaya nggak, jika konsumsi suplemen antioksidan yang berlebih dapat mengganggu kesehatan kamu? Jadi, mulai sekarang bisa deh kamu kurangi konsumsi suplemen, lebih baik perbanyak makan makanan alami sebagai sumber antioksidan kamu ya. Di samping lebih sehat, makanan alami tersebut tidak akan mendatangkan risiko.

Tidak hanya konsumsi makanan kaya antiosidan untuk mencapai hidup yang sehat guys. Padukan juga dengan cara hidup sehat seperti istirahat secukupnya dan berolahraga. Jadi mulailah melakukan kebiasaan, gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain untuk kesehatan, hal tersebut juga baik bagi kecantikan kamu!
Read more »
5 Cara Alami untuk Mencegah Rambut Rontok

5 Cara Alami untuk Mencegah Rambut Rontok



Bagi wanita, rambut layaknya mahkota yang selalu dijaga. Rambut adalah lambang kecantikan sehingga tiap wanita ingin memiliki tampilan rambut yang indah dan sehat. Oleh karena itu, rambut yang rontok adalah bencana besar bagi kaum hawa ini.

Ketika rambut mulai rontok, ini seolah ada sesuatu yang mengancam. Sebab mahkota indahnya mengalami kerusakan sehingga akan mengurangi kecantikannya. Hal ini wajar saja, sebab masalah rambut rontok memang bisa memicu kebotakan.

Nah sebelum terjadi kerontokan pada rambut Anda, berikut beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk perawatan rambut. Cara alami lebih disarankan karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa merusak kesehatan rambut itu sendiri. Seperti yang kita tahu, kebanyakan produk rambut seperti shampoo, minyak rambut dan sebagainya memeiliki kandungan bahan kimia yang tentunya bisa merusak kesehatan rambut jika digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu perawatan alami ini bisa bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut akibat penggunaan produk berbahan kimia tersebut.

Cara alami mencegah rambut rontok

Pijat rambut dan kulit kepala
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan yaitu melakukan pijatan pada rambut dan kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat. Pertama, hangatkan minyak zaitun atau minyak kelapa, kemudian pijatkan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Pijat dengan lembut dan perlahan agar minyak meresap ke dalam rambut dan menutrisi rambut. Setelah selesai pemijatan, tutup rambut menggunakan penutup kepala. Biarkan selama 1 jam dan baru dibilas dengan air.

Jangan gunakan pemanas rambut
Pemanas rambut seperti haid dryer ataupun alat catok sebenarnya merupakan musuh bagi rambut. Ini karena suhu panasnya dapat membuat rambut jadi rapuh dan mudah patah. Hentikan penggunan pengering rambut mulai sekarang. Lebih baik, keringkan rambut secara alami. Cukup seka rambut secara perlahan untuk mengeringkan rambut ketika Anda baru keramas. 

Konsumsi makanan bergizi
Makanan yang Anda konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Zat besi dan omega 3 adalah nutrisi penting bagi rambut Anda agar terhindar dari kerontokan dan masalah rambut lain. Oleh karenanya, penuhilah kebutuhan akan zat besi dan omega 3 dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Hati-hati merawat rambut
Sadarkah Anda, merawat rambut secara berlebihan justru bisa memicu kerusakan itu sendiri. Jangan terlalu sering merawat rambut seperti mewarnai, atau melakukan perawatan lain yang menyebabkan rambut terpapar bahan kimia. Lebih baik seringlah melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan alami.

Kunjungi dokter
Jika perlu, Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk konsultasi mengenai kerusakan rambut yang dialami. Mintalah saran pada dokter tentang vitamin dan perawatan rambut untuk mencegah kerontokan. Selain itu, kerontokan rambut yang parah juga bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit di dalam tubuh.
Itu dia beberapa perawatan yang penting untuk mahkota Anda. Dengan perawatan alami ini, rambut Anda akan lebih sehat dan terhindar dari kerontokan.
Read more »
5 Manfaat Tersembunyi Jamu (Si Pahit) yang Bikin Kamu Cantik, Sehat, dan Bugar!

5 Manfaat Tersembunyi Jamu (Si Pahit) yang Bikin Kamu Cantik, Sehat, dan Bugar!

Kamu suka minum jamu? Jamu apa yang pernah kamu minum? Apa rasa jamunya, pahit atau manis? 
Jamu adalah minuman tradisional yang terutama terkenal di daerah Jawa. Bagi perempuan Jawa, minum jamu seperti sebuah kebiasaan yang harus dilakukan alias minuman wajib. Beberapa jamu dipercaya memiliki khasiat tertentu yang bermanfaat bagi tubuh. 

Jamu memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Sering kali jamu ditambahkan madu terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tujuannya tentu untuk mengurangi rasa pahit dengan rasa manis dari madu.
Manfaat jamu sendiri tidak perlu diragukan lagi. Jamu sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan juga kecantikan. Berikut adalah beberapa jenis jamu beserta manfaatnya yang harus kamu ketahui.

1. Jerawat? Coba Jamu Beras Kencur

Gambar sehat dan Budar dengan Jamu Beras Kencur via anekajus.com

Beras Kencur adalah salah satu jamu yang paling populer di masyarakat. Jamu yang satu ini juga digemari karena rasanya yang cenderung manis dan tidak terlalu pahit. Jika diminum dengan es batu di siang hari, Beras Kencur akan terasa sangat segar dan enak.

Beras Kencur berbahan dasar kencur dan beras, ditambahkan jahe dan gula merah. Sering kali, jamu ini ditambahkan biji kedawung atau biji kapulaga. Terkadang beberapa peracik jamu menambahkan bahan lain yang tujuannya untuk menambah khasiat dari jamu yang warnanya putih kecoklatan ini.

Manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Jamu Beras Kencur terkenal ampuh menghilangkan pegal-pegal dan linu, terutama setelah bekerja. Selain itu, Beras Kencur juga dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat dan melangsingkan tubuh. Bagi mereka yang sedang tidak berselera makan, Beras Kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan dan menambah stamina.

2. Nyeri Saat Haid? Coba Minum Jamu Kunyit Asam

Gambar Jamu Kunyit Asam via 4.bp.blogspot.com

Selain Beras Kencur, jamu lain yang populer dan menjadi favorit adalah jamu Kunyit Asam. Orang kebanyakan mengenal si kuning ini dengan nama Kunir Asam. Jamu ini diracik dengan bahan utamanya adalah kunyit dan buah asam.
Beberapa peracik jamu juga menambahkan bahan lain seperti daun asam, temulawak, dan biji kedawung. Untuk pemanis, jamu yang satu ini menggunakan gula merah. Untuk menambah rasa asam, sering kali ditambahkan jeruk nipis.

Soal rasa, tenang saja, kamu tidak perlu khawatir. Jamu kunyit asam rasanya tidak pahit, bahkan cenderung manis dan asam. Terkadang ada yang merasa belum mantap minum yang satu ini jika belum ditambahkan garam atau bahkan daun sirih. Penambahan daun sirih dipercaya membantu kesehatan terutama pada perempuan usia lanjut.

Jamu Kunyit Asam dipercaya dapat meringankan gejala panas dalam bahkan sariawan. Si kuning ini juga bisa memperlancar haid, termasuk mengurangi rasa sakit yang hinggap selama fase menstruasi berlangsung. Jadi, saat kamu, para perempuan sedang haid, jamu ini sangat dianjurkan, bahkan diminum beberapa hari sebelum anda haid.

Selain itu, jamu Kunyit Asam juga memiliki khasiat lain, seperti membersihkan dan mencerahkan warna kulit, mengurangi kandungan lemak dalam tubuh, dan meremajakan sel tubuh. Kunyit asam juga dapat menyembuhkan dan mengobati bekas luka.

3. Ingin Singset? Galian Singset Jawabannya
Jamu Galian Singset dalam Kemasan via www.obatherbal88.com

Mengenai rasa, harus diakui bahwa Galian Singset adalah salah satu jamu yang rasanya cukup pahit, apalagi jika tidak ditambah jeruk nipis. Kalau tidak kuat hati dan tahan banting, sebaiknya kamu jangan minum jamu yang satu ini.

Kalau kamu berani minum jamu yang satu ini, manfaatnya akan besar bagi tubuh. Seperti namanya, jamu ini bisa membuat badan kamu singset alias langsing. Bukan hanya itu, jamu ini juga dapat mengencangkan kulit, bahkan daerah kewanitaan.

Jamu Galian Singset dapat menurunkan lemak tubuh sehingga membuat penampilan kamu lebih menarik. Galian Singset diracik dengan rempah-rempah tradisional seperti kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, dan ketumbar. Kompleks bukan bahannya? Jangan salah, manfaatnya pun terjamin dapat kamu rasakan dan terbukti benar adanya.

4. Gangguan Kewanitaan? Jawabannya adalah Jamu Kunci Sirih
Gambar Jamu Kunci Sirih dalam Kemasan via 2.bp.blogspot.com

Mungkin jamu yang satu ini jarang dikenal di masyarakat. Kamu juga mungkin tidak pernah mengenal jamu yang satu ini. Berbahan dasar kunci (semacam akar-akaran) dan sirih, jamu ini dipercaya membantu mengatasi gangguan kewanitaan.

Peracik jamu sering kali menambahkan bahan lain seperti jahe, kencur, kapulaga, kayu manis asam jawa, serai, jeruk nipis, gula jawa, garam, buah delima, bahkan pinang dan manjakani untuk memperkaya khasiat jamu ini. Merapatkan daerah kewanitaan bahkan dapat mengatasi masalah keputihan bisa kamu rasakan jika mengonsumsi jamu yang satu ini.

Rasanya tidak sepahit galian singset. Ada yang mengatakan pula bahwa jamu ini dapat mengecilkan rahim di perut, Manfaat lainnya adalah dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap dan memperkuat gigi. Karena manfaatnya, jamu Kunci Sirih banyak dikonsumsi perempuan, terutama ibu-ibu.

Untuk bunda baca juga info penting ini ya Cara mengatasi anak susah makan dengan Laperma Platinum


5. Coba Rasakan Manfaat Jamu Pahitan
Gambar Salah Satu Jamu Pahitan, Brotowali via 2.bp.blogspot.com

Jamu pahitan, dari namanya saja sudah bisa ditebak dan dikira bahwa jamu yang satu ini rasanya sangat istimewa. Mungkin bisa dikatakan bahwa inilah jamu yang memang rasanya sesuai dengan identiknya jamu dengan rasa pahit. Eits, tapi nanti dulu, kamu yakin mau langsung menghindari jamu yang satu ini sebelum mengenal manfaatnya?

Jamu Pahitan diracik dengan bahan tradisional utama, yaitu daun sambiloto. Beberapa peracik jamu sering pula menambahkan berbagai bahan lain mulai dari brotowali, daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut, temu ireng, doro putih, babakan pule, dan adas. Bahan-bahan tersebut mungkin asing terdengar di telinga kita, tetapi manfaatnya harus kita kenal secara khusus.

Jamu yang warnanya gelap ini dikenal bisa mencegah atau menurunkan risiko diabetes. Selain itu, bagi kesehatan, jamu pahitan juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lebih hebatnya lagi, jamu ini juga disinyalir sebagai terapi untuk cuci darah.
Bagi kamu yang sering mengalami sakit kepala atau pusing, Jamu Pahitan juga bisa jadi salah satu alternatif yang dicoba. Tidak cukup dengan beberapa menfaat luar biasa tersebut. Jamu Pahitan juga dipercaya mampu menghilangkan bau badan tidak sedap, mengobati gatal-gatal, dan menghilangkan jerawat.

Menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan herbal alami tidaklah salah. Mengonsumsi obat tradisional tidaklah kuno. Jika hasilnya bermanfaat bagi tubuh, mengapa tidak dicoba?

Pertanyaannya sekarang, sudah siapkah kamu membuktikan kehebatan dari obat, ramuan tradisional khas Indonesia?
Read more »
Yang Perlu Kamu Harus Tau Tentang Terapi Chiropractic!

Yang Perlu Kamu Harus Tau Tentang Terapi Chiropractic!

Pada awal tahun tahun 2016 ini kamu pasti sering melihat dan mendengar berita tentang terapi chiropractic, yaa wajar lah. Dari mulai stasiun tv a samapi stasiun tv z semua memberitakan tentang terapi Chiropractic.

Berita tentang terapi Chiropractic memang lagi booming banget karena ada seorang pasien yang melakukan terapi Chiropractic ini meninggal dunia. Ya memang sih masih belum pasti penyebab kemantiannya, yang jelas setelah selesai melakukan terapi Chiropractic ini pasien mengalami kesakitan di tulang belakang dan hingga harus dilarikan ke rumah sakit.
Chiropractic via www.potsdambodyworks.com

Tapi apakah kamu sudah tahu apa sih terapi Chiropractic itu?
Menurut pengalaman salah satu artis yang diwawancarai pada acara yang membahas gosip selebritis (hehee, kebetulan saya lihat berita itu). Artis tersebut menjelaskan terapi Chiropractic adalah terapi yang meluruskan atau mengobati struktur atau susunan tulang belakang agar kembali lurus atau kembali separti semula. Artis tersebut melakukan terapi tersebut karena susunan tulang belakangnya sudah tidak lagi lurus atau ingin mengembalikan susunan tulang belakang kembali seperti sedia kala. Artis tersebut juga menjelaskan manfaat general dari terapi Chiropractic itu. 

Selain mengobati tulang belakang terapi itu juga dapat mengobati sakit kepala, terutama tengkuk dahi, sakit pinggang, kesemutan, maagh, migren, susah tidur, nyeri pada tulang sendi, nyeri di bagian belakang lengan dan kaki dan masih banyak lain.

Chiropractic adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tangan untuk membetulkan struktur susunan tulang belakang agar kembali optimal. Chiropractic ditemukan  oleh Daniel David Plamer atau D.D palmer pada tahun 1895, seorang pria yang tinggal di Amerika Serikat. Kata Chiropractic itu sendiri berasal dari Yunani, yaitu dari kata chiros yang artinya tangan, dan juga dari kata praktikos yang memiliki arti praktis. Jadi dapat di artikan secara harfiah Chiropractic adalah menggunakan tangan. Terapi ini murni kamampuan skill dari Chiropractor sehingga bebas dari obat-obatan dan tidak memerkukan operasi.
Metode terapi chiropractic via www.passportcosmetics.com

Metode terapi Chiropractic ini adalah terapi atau pengobatan yang berfokus pada pergeseran tulang belakang dan pesendian yang mengalami nyeri maupun kesemutan. Menurut salah satu dari dokter Citralife Chiropractic yang bernama dokter Inez, mengungkapkan bahwa, “Terapi Chiropractic ini  adalah terapi yang khusus mengkoreksi terhadap subluksasi, yaitu gangguan pada letak maupun fungsi dari tulang belakang”.

Namun, ranah Chiropractic juga memiliki cakupannya sendiri, Chiropractic hanya memfokuskan pengobatan pada struktur tulang belakang saja. bila pasien mengalami dislokasi (geser) dan kondisi fraktur serta malignansi (keganasan), maka harus segera dirujuk ke dokter Ortopedi. Tapi sangat di sarankan sebelum melakukan terapi Chiropractic ini ada baik kamu melakukan konsultasi ke dokter Ortopedi dulu.

Bila pasien mengeluh mengalami nyeri atau kesemutan pada tulang belakang maupun  persendian, hal tersebut masih bisa ditangani dengan mengunakan terapi Chiropractic ini. Namun bila seorang pasien mengalami gangguan atau gejala seperti rasa lemah pada tungkai bawah atau seperti tidak dapat mengontrol buang air kecil maupun besar serta ada seperti mati rasa di daerah vital, harus segera dirujuk karena itu sudah tidak dapat ditangani Chiropractor.

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana sih seseorang dapat mengalami gangguan tulang belakang? Berikut penyebab beberapa gangguan tulang belakang tersebut.
1. Aktivitas Keseharian yang Buruk
Seseorang dengan aktivitas yang berat seperti pekerja kasar yang setiap hari melakukan pekerjaan mengakat beban berat berisiko menggalami gangguan tulang belakang ini,, eee tapi jangan salah juga ya. Seorang yang beraktivitas di kantor dengan duduk di depan layar komputer juga beresiko mengalami gangguan ini juga.

2. Cidera Saat Olahraga
Setiap hari sobat selalu melakukan aktivitas olah raga agar mejaga kesehatan dan membantu menstabilkan metabolisme tubuh bahkan menurut beberapa penelitian olahraga juga dapat menurutkan resiko stress. Tapi dalam olahraga kita juga tidak boleh melakukannya secara berlebihan dan harus berhati-hati, karena cidera di tulang punggung juga dapat mengakibatkan tergesernya tulang punggung.

3. Kecelakan
Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak kita inginkan. Dalam berkendara atau bekerja tidak harus menjaga agar kita terhindar dari resiko kecelakaan, posisi jatuh saat berkendara juga dapat mengakibatkan tergesernya tulang belakang.

4. Posisi Tidur
Posisi tidur juga dapat mengakibatkan tergesernya tulang belakang. Biasanya ketika kamu bagun tidur badan akan terasa pegal jadi buat kamu selalu perhatikan posisi tidur ya.

5. Proses Pertumbuhan
Proses pertumbuhan yang salah juga dapat mengakibatkan tergesernya tulang belakang, kamu pasti pernah melihat seseorang dengan usia muda tapi pungungnya tidak lurus atau bungkuk. Besar kemungkinan seseorang tersebut mengalami gangguan tulang belakang yang diakbatkan oleh proses pertumbuhan atau bungkuk

Tapi kamu jangan salah sangka, seseorang yang meskipun tanpa ada suatu gejala atau suatu ganguan nyeri maupun kesemutan sekali pun, bukan berarti dia sehat, tapi bisa saja rasa sakit dapat muncul kapan pun. Ada baiknya kamu secara rutin melakukan pemeriksaan dan diagnosa kesehatan tulang pada dokter Ortopedi.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi terapi Chiropractic ini tidak mengunakan obat-obatan maupun melakukan operasi. Metode terapi ini adalah dengan mencari tau struktur tulang belakang yang subluxation  atau tergeser kemudian di lakukan adjustment atau koreksi tulang belakang.

Cakupan untuk melakukan terapi Chiropractic ini sangatlah luas. Mulai dari usia anak-anak, orang dewasa atau bahkan seorang ibu yang sedang mengandung sekalipun diperboleh melakukan terapi Chiropractic ini. Kekuatan yang dipakai untuk melakukan terapi ini  memang tidak bisa disama ratakan antara seorang pasien dengan pasien yang lainnya, apa lagi pada bagian yang beresiko.
picture via gigisusu.net

Terapi Chiropractic aman dan tidak memberikan rasa sakit hanya saja ketika melakukan terapi Chiropractic ini akan  terdengar suara "klik" mirip suara yang sama ketika "mengklikkan" jari-jemari kita. Karena tujuannya bukanlah untuk mencari titik sakit pada pasien, lalu memberikan intervensi atau tekanan sebesar-besarnya pada rasa sakit itu. Jadi semua yang dilakukan dalam dengan terapi Chiropractic ini masih dalam toleransi sesuai keadaan pasien .

Karena keadaan maupun kondisi pasien yang berbeda-beda, sebelum melakukan terapi Chiropractic ini. Ada pasien yang bisa langsung ditangani tapi ada juga pasien yang harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk pasien  yang baru pertama kali melakukan terapi Chiropractic ini biasanya harus melalui serangkaian pemeriksaan dan diagnosa tertentu, sehingga waktunya lebih lama di bandingkan pasien yang lanjut melakukan terapi Chiropractic ini.

Meskipun sudah di lakukan koreksi pada tulang belakang, tetap ada resiko seorang pasien mengalami kambuh pergeseran pada tulang belakangnya. Oleh sebab itu, pada bagian otot tulang belakang harus diperkuat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat otot tulang belakang adalah dengan berolahraga secara rutin, tapi tidak semua jenis olahraga aman bagi kondisi tulang belakang. Olahraga lari-lari kecil atau pun renang sangat di sarankan.

Demikianlah sedikit info buat kamu tentang terapi Chiropractic itu, semoga bermanfaat ya dan jaga selalu kesehatan kalian.

Read more »

makanan sehat