6 Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

6 Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan – Akhir-akhir ini dunia kerap digegerkan tentang beredarnya rokok elektrik dipasaran. Keberadaan rokok elektrik ini menimbulkan tanda tanya besar apakah dampak yang ditimbulkan lebih buruk dari rokok pada umumnya atau justru lebih baik meskipun pada dasarnya rokok merupakan barang yang seharusnya kita hindari. Berdasarkan pernyataan yang diungkapkan oleh Kepala Medis American Lung Association menyebutkan bahwa rokok elektrik belum bisa dipastikan apakah aman bagi kesehatan atau tidak terutama untuk jangka panjang.
Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Sistem kerja dari rokok elektrik sendiri hampir mirip dengan rokok aslinya yaitu mengirim nikotin elektrik sehingga kita tetap merasakan sensasi selayaknya menghirup rokok tembakau. Lalu bagaimana dampak dari asap yang keluar dari rokok elektrik ini? Mengingat asap tersebut bukan berasal dari pembakaran tembakau. Berikut ini ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan rokok elektrik.

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

1. Menyebabkan Kanker
Sama halnya dengan rokok tembakau pada umumnya, rokok elektrik juga dapat memicu terjadinya kanker karena mengandung senyawa berbahaya yang bernama nitrosamine. Senyawa tersebut mengganggu sistem pernapasan yang jika dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan penyakit kanker.

2. Merusak Paru-paru
Meskipun uap atau asap yang dihasilkan dari rokok elektrik berbeda dengan rokok tembakau pada umumnya? Namun efek yang ditimbulkan dari rokok elektrik tidak jauh berbeda dengan rokok tembakau. Asap rokok elektrik mengandung formalin dan molekul yang bersifat karsinogenik dimana molekul tersebut dapat merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya.

3. Polusi Udara
Sekecil apapun uap yang dihasilkan dari asap rokok pastinya akan menggangu pernapasan dan mencemari udara sekitar kita terlebih lagi jika uap yang keluar mengandung formalin tentunya sangat membahayakan tubuh baik untuk anda yang merokok ataupun mereka yang hanya menghirup asapnya saja.

4. Gangguan Pernapasan
Asap rokok elektrik mengandung dietilen glikol yang merupaka senyawa anti beku sehingga ketika masuk kedalam tubuh, asap tersebut tidak akan hilang begitu saja tetapi akan berubah menjadi racun dan mengganggu sistem pernapasan anda. Karena itu, kita harus berpikir dua kali sebelum anda menggunakan rokok elektrik.

5. Memicu Kerusakan Otak
Salah satu efek buruk asap rokok yang paling ditakuti adalah terjadinya kerusakan pada otak yang memicu kanker otak. Didalam rokok elektrik, terkandung senyawa tetramentylphyrazine yang merupakan biang kerok terjadinya kerusakan pada otak.

6. Efek Candu dan Ketagihan
Sama halnya dengan rokok tembakau, rokok elektrik juga memiliki efek yang dapat membuat kecanduan karena mengandung nikotin cair semacam narkoba yang dapat membahayakan kesehatan. Nikotin memberikan sensasi tersendiri bagi yang menghisapnya dan hal tersebut akan membuat kita kecanduan. Dari sini bahaya rokok elektrik akan mulai terlihat.

Pada dasarnya baik rokok elektrik maupun rokok tembakau sama-sama buruk bagi kesehatan. Karena itulah sebaiknya kita hindari dua benda yang satu ini meskipun dampaknya tidak begitu terasa tetapi akan sangat berpengaruh dikehidupan jangka panjang anda. Terimakasih.

Read more »
6 Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

6 Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar – Berbagai jenis kanker dan hampir setiap organ tubuh kita beresiko terkena penyakit kanker termasu usus besar. 90% penderita kanker usus besar yaitu orang yang sudah berusia lanjut 60th keatas. Kanker usus besar ini terjadi karena berbagai faktor penyebab diantaranya akibat dampak dari penyakit tertentu seperti diabetes dan obesitas. Ciri-ciri orang yang terkena kanker usus besar pada umumnya akan merasa kembung pada perut hingga kram dan perut terasa penuh. Selain itu juga penderita akan mengalami susah BAB dan keluar darah pada saat buang air besar.
Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Usus besar merupakan bagian terpenting dalam organ pencernaan karena itu jika kita terkena kanker usus besar, maka sangat berbahaya dan mengancam keselamatan kita. Untuk mendeteksi secara dini tentang penyakit tersebut? Ada beberapa gejala yang biasanya terjadi akibat kanker usus besar diantaranya sebagai berikut.

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Terdapat darah pada kotoran
Berat badan menurun
Tekstur kepadatan kotoran berubah
Tubuh terasa lelah
Nyeri pada perut
Kembung
Meningkatnya frekuensi buang air besar
Hilangnya napsu makan
Konstipasi

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka segeralah anda periksa kondisi kesehatan anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Namun jika anda ingin terhindari dari gejala kanker usus besar, maka lakukanlah beberapa tindakan pencegahan seperti dibawah ini.

Mencegah Kanker Usus Besar

1. Rajin Olahraga
Lakukan olahraga setidaknya selama dua setengah jam dalam seminggu. Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti bersepeda, berlari dll.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi dan jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari adalah sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Selain itu perbanyak juga konsumsi ikan namun kurangi konsumsi daging.

3. Pertahankan Berat Badan
Jaga berat badan anda agar tetap ideal. Obesitas atau kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko anda terkena kanker usus besar.

4. Hindari Minuman Beralkohol
Sudah sepantasnya kita menghindari minuman jenis ini karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bukan hanya pada usus besar saja tetapi seluruh organ didalam tubuh bisa tidak berfungsi jika kita terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol.

5. Hindari Asap Rokok
Selain alkohol, anda juga sebaiknya menghindari rokok. Disarankan pada penderita kanker usus besar untuk berhenti dan menjauhi rokok karena asap rokok yang masuk kedalam tubuh akan mematikan fungsi organ sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

6. Rutin Cek Darah
Untuk mendeteksi secara dini, lakukan tes darah secara rutin terutama ketika menginjak usia 40th keatas karena diusia-usia tersebut sangat rentan terhadap berbagai penyakit termasuk kanker usus besar.

Dengan mengetahui gejala dan cara pencegahannya diharap anda dapat terhindar dari bahaya kanker usus besar yang selalu mengintai siapa saja. Terimakasih.

Read more »

makanan sehat